Jumat, 17 Juli 2020

Teknik Mengabdi - LKMM-TD ULM

Teknik Mengabdi - LKMM-TD ULM

Pengelolaan Lingkungan Saat New Normal

Kegiatan LKMM-TD Teknik Mengabdi telah dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 15 Juli 2020. Sama seperti kegiatan sebelumnya, kegiatan kali ini dilakukan secara daring melalui layanan Google Meet. Narasumber dari kegiatan ini adalah Ibu Shanty Eka Septiani, S.Hut, MS.

Menurut beliau, permasalahan lingkungan ini sangat terkait dengan globalisasi, lebih khususnya budaya konsumerisme yang semakin lama semakin parah di kalangan masyarakat Indonesia. Sebagai contoh, ambil saja konsumsi limbah plastik. Dengan bertambahnya barang yang dibeli masyarakat, konsumsi plastik juga meroket. Sehingga akhirnya mengakibatkan sampah plastik berserakan dimana - mana, padahal plastik termasuk sampah yang sangat sulit untuk diuraikan.

Bagaimana cara mengatasinya ? Pertanyaan ini sudah sering kali ditanyakan, dan berbagai orang mempunyai jawaban yang berbeda. Menurut Bu Shanty, kita tidak dapat langsung meminta masyarakat untuk berhenti menggunakan plastik. Tetapi, mulailah dari diri kita sendiri. Berikanlah contoh kepada masyarakat, dengan cara tidak menggunakan produk - produk dari plastik.

Manfaat yang saya dapatkan disini adalah, berilah contoh kepada orang lain dalam menjaga lingkungan. Saya harap untuk acara ini, kami dapat turun kelapangan dan dapat mempraktekkan apa yang telah disampaikan, tapi apa daya karena situasi sekarang hal tersebut mustahil untuk dilakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar