Selasa, 07 Juli 2020

EFTALK ULM


LKMM-TD UNLAM
EFTALK
            Setelah tertunda selama beberapa bulan karena pandemi COVID-19, acara LKKM-TD kedua akhirnya dilanjutkan secara online. Minggu, 5 Juli 2020 pukul 09:00 WITA menandakan dimulainya acara EFTALK. Pelaksanaan acara dilakukan dengan cara memberikan link meeting yang berbeda ke kelompok masing – masing agar tidak terkena limitasi peserta. Peserta juga telah diberikan bantuan berupa kuota internet agar lebih mudah dalam mengikuti kegiatan.
            Tema dari EFTALK kali ini adalah “ Leadership & Entrepreneurship “, dimana seorang mahasiswa diharapkan dapat menjadi pemimpin yang berkecimpung dalam dunia bisnis agar dapat menghidupkan ekonomi negara.
            Untuk narasumber pertama, pelaksana menghadirkan rektor ULM, Bapak Prof. Dr. H. Sutarto Hadi, M.Si. , M.Sc. dimana beliau menginspirasi peserta dengan cerita – cerita hidupnya. Beliau juga memberikan tips untuk menjadi pemimpin yang lebih baik, diantaranya adalah :

  •  Menjaga hubungan baik dengan orang lain
  • Jujur
  • Berambisi

Beliau mengakhiri sesinya dengan memberikan pesan berikut :

“ Menjadi pemimpin itu tidak mudah, tetapi bukan tidak mungkin. Setiap orang bisa menjadi pemimpin, yang harus dilakukan pertama kali terlebih dahulu adalah membenahi diri sendiri. “

Lalu untuk narasumber kedua, pelaksana menghadirkan Bapak Muhammad Wellemharto S.Pd., Cpc, selaku ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia Kabupaten Barito Kuala. Disini beliau memberikan nasehat bagaimana menjadi seorang pengusaha. Menurutnya, seseorang yang ingin menjadi pengusaha harus memiliki tiga skill, yaitu :

  • Hard Skill
  • Soft Skill, dan
  • Entrepreneur

Selain itu, beliau juga berkata soal mindset dan bagaimana kita harus mengubah mindset kita terlebih dahulu apabila ingin memulai bisnis. Beliau berharap mahasiswa sudah bisa “mapan” berbisnis pada saat mereka mencapai semester 5.
Dan terakhir beliau juga mengatakan mengenai Mentoring, dimana pebisnis yang lebih sukses dapat membantu pebisnis pemula dalam menjalankan bisnisnya. Peran mentor disini cukup penting karena mentor dapat memberikan saran – saran untuk apa yang perlu dilakukan dalam memanajemen bisnis dan apa yang jangan dilakukan dalam memanajemen bisnis.
Akhir kata, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat yang dapat memungkinkan acara ini berjalan dengan baik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar